background img

PATUNG PAHLAWAN MONPERA MEMPRIHATINKAN

4 years ago written by

Balikpapan – Kondisi Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) depan markas Kodam VI/Mulawarman, jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, masih memprihatinkan. Hingga kini tiga patung pejuang yang tumbang 8 September lalu belum diperbaiki.

Menurut pemantauan KPFM saat kegiatan kerja bhakti massal TNI AD dan masyarakat membersihkan pantai Monpera, Sabtu (5/11), tampak patung dari bahan tembaga setinggi 7 meter ini belum lagi terpasang. Alangkah eloknya bila patung yang jadi ikon Monpera tersebut sudah kembali berdiri kokoh saat peringatan Hari Pahlawan 10 November nanti.

Patung tersebut melambangkan perjuangan rakyat Balikpapan menghela tentara sekutu yang mendarat di pantai Klandasan pada saat Perang Dunia II. Banyak pejuang Balikpapan yang gugur saat kontak senjata. Salah satu warga yang sedang berada di sekitar pantai Monpera, Rima (23) saat diwawancarai KPFM mengatakan, memang ada yang berbeda setelah patung itu roboh. “Saya pribadi menyayangkan patung itu belum diperbaiki sampai sekarang. Padahal patung itu cukup menarik wisatawan untuk latar foto mereka. Semoga patung itu bisa dipasang secepatnya,” harap Rima.

Monpera yang menjadi destinasi wisata ini dibangun pemerintah provinsi tahun 1983 dan diresmikan Panglima ABRI Feisyal Tanjung 16 November 1995. Kapan patung tersebut diperbaiki? Belum ada kepastian. Namun menurut informasi kemungkinan menunggu anggaran 2017, mengingat kondisi keuangan daerah sedang defisit. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *