background img

PASAR TRADISIONAL DIPERKETAT

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan memperketat pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19 di pasar tradisional menyusul ditemukannya seorang pedagang yang positif dan kemudian meninggal dunia setelah sempat dirawat selama dua hari.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengkaji sejumlah aturan untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah perkembangan virus Corona. Termasuk menyangkut sanksi yang akan diterapkan kepada pedagang atau pengunjung pasar ketika tidak mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Kita akan koordinasikan dengan Bagian Hukum untuk mengkaji aturan tersebut, termasuk sanksi yang akan diberikan kepada masyarakat yang ditemukan tidak menggunakan masker,” katanya kepada wartawan, Jumat (26/6).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Balikpapan saat ini masih menyelesaikan sejumlah kajian hukum untuk menindak tegas masyarakat yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Terutama di pasar tradisional.
“Kami akan lebih tegas lagi dalam menindak masyarakat yang tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, terutama di pasar tradisional, terkait sanksinya masih dikaji bagian hukum,” jelasnya.

Hal itu juga dilakukan untuk mendukung Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 yang diterbitkan 19 Juni 2020 lalu, tentang protokol kesehatan di pasar, yang mewajibkan masyarakat menggunakan masker bersamaan dengan pelindung wajah atau face shield.

Menurutnya, secara umum, Pemerintah Kota Balikpapan telah membuat sejumlah kebijakan untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional, di antaranya dengan membagikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar dan penyediaan tempat cuci tangan.

“Sebenarnya, Pemerintah Kota Balikpapan sudah menjalankan dan menganjurkan bukan hanya kepada pedagang, tapi kepada seluruh masyarakat Balikpapan, ketika beraktivitas di luar rumah apalagi di pasar, di antaranya dengan melakukan upaya pembagian masker kepada pedagang dan pembeli di kawasan pasar tradisional,” ujarnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *