background img

PARTISIPASI POLITIK KALTIM MENURUN

4 years ago written by

Balikpapan – Indeks Demokrasi Kaltim meningkat hingga berada di peringkat 3 nasional. Namun, disisi lain, partisipasi politik masyarakat Kaltim menurun. Hal ini dikatakan Komisioner KPU Kaltim Ida Farida yang ditemui saat acara Sosialisasi Calon Anggota KPU dan Bawaslu oleh Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI di Aula Pemkot Balikpapan, Rabu (12/10).

Ia menyebutkan, tingkat kebebasan untuk menentukan pendapat dan menentukan pilihan politik di Kaltim sangat tinggi, dan itu dibuktikan dengan Indeks Demokrasi Kaltim yang menduduki peringkat 3 nasional. Artinya, masyarakat Kaltim dalam mengeluarkan pendapat dan menentukan pilihan politiknya adalah hal yang memang muncul dari kesadaran pribadinya, bukan paksaan dari pihak lain. Namun, lanjut Ida, hal ini tak diikuti dengan partisipasi politik dari masyarakat Kaltim. Ida mengatakan tingkat partisipasi politik masyarakat Kaltim saat Pileg dan Pilpres menurun. “Jumlah pemilih saat Pileg 2014 sekitar 69 persen dari total penduduk Kaltim. Sedangkan saat Pilpres, jumlah pemilih menurun menjadi 65 persen,” ujarnya.

Tak hanya itu, saat ini salah satu daerah yang merupakan bagian dari Kaltim yaitu Kutim, merupakan daerah dengan tingkat partisipasi politik paling rendah se-Indonesia. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *