background img

PARIWISATA BALIKPAPAN BARU 35 PERSEN

3 years ago written by

Balikpapan – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan optimistis target kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata tahun ini sebesar Rp3,7 miliar bakal tercapai. Perolehan retribusi pada periode Triwulan II 2017 baru mencapai 35 persen.

“Terhitung Januari hingga Juni 2017 yang tercapai sudah 35 persen. Sedangkan pada liburan panjang Lebaran pendapatan yang tercatat Rp278 juta,” ujar Kepala Disporapar Balikpapan Oemy Facessly yang ditemui KPFM di sela acara Hari Lansia di BSCC Dome, Kamis (6/7).

Oemy menyebut, selama liburan panjang Lebaran Idul Fitri jumlah wisatawan memang melonjak. Dua objek yang menjadi primadona adalah pantai Manggar Segara Sari dan perkampungan Rumah Warna-Warni Teluk Seribu, Manggar.

“Jumlah kunjungan di Pantai Manggar Segara Sari dan Kampung Warna-Warni tahun ini meningkat tajam, mungkin karena memang waktu liburnya lebih lama. Untuk Pantai Manggar sendiri, jumlah pengunjung yang datang mencapai hingga 20 ribu jiwa selama tujuh hari. Sedangkan untuk perkampungan Rumah Warna-Warni bisa menggaet hingga seribu orang per hari,” ujar Oemy.

Dikatakannya, berkat musim liburan yang lama tersebut, pariwisata Balikpapan berhasil memperoleh pendapatan hingga Rp278 juta.
Meskipun Pantai Manggar menghasilkan pendapatan yang relatif cukup besar dalam sepekan, itu masih jauh dari target PAD 2017 yang dipatok Rp3,7 miliar.

Meskipun begitu, Oemy tetap yakin target itu bisa tercapai. Pasalnya, kontribusi yang ada ini masih menggunakan tarif lama. “Jika nanti tarif baru yang Perdanya masih menunggu diputuskan tersebut sudah diberlakukan, pendapatan yang masuk akan bisa melebihi target,” ujarnya.

Disebutkan, tiket pengunjung Pantai Manggar untuk anak-anak yang semula Rp2 ribu akan naik menjadi Rp5 ribu. Untuk pengunjung dewasa dari Rp3 ribu menjadi Rp10 ribu. Sedangkan kendaraan roda dua tetap dengan tarif Rp5 ribu. Sementara untuk kendaraan roda empat dari Rp10 ribu akan naik menjadi Rp15 ribu. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *