background img

PANTAU TEMPAT KERAMAIAN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Berbagai cara dilakukan untuk pencegahan dini virus Corona atau Covidi-19 di Kota Balikpapan. Seperti yang dilakukan relawan Info Bencana Kota Balikpapan, Senin (23/3).

Didampingi Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi dan Dandim 0905 Balikpapan Letkol I Gusti Agung Putu Sujarnawa, mereka melakukan blusukan di sejumlah tempat keramaian.Mereka pun berkeliling ke sejumlah sudut kota, namun yang lebih difokuskan ialah pasar tradisional. Di mana aktivitas di pasar tentu berpotensi terjadi penularan virus.

Dalam blusukannya, petugas gabungan ini mengimbau langsung kepada para pedagang maupun pembeli untuk menerapkan pola hidup sehat dan jaga jarak dengan pengunjung yang lainnya. Dengan harapan masyarakat teredukasi dengan baik dan tidak meremehkan virus yang sedang mewabah ini.

“Ini bagian dari edukasi kepada masyarakat. Sasarannya di Pasar Baru dan Klandasan. Semoga dengan begini masyarakat tidak panik menghadapi situasi ini serta memahami kondisi yang ada,” kata Dandim 0905 Balikpapan Letkol I Gusti Agung Putu Sujarnawa, usai kegiatan.

Senada juga disampaikan Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi. Ia berharap agar masyarakat tidak panik dan mengerti dengan situasi yang sedang terjadi.

“Mohon dimengerti situasi saat ini. Silahkan belanja seperlunya dan jangan berlama-lama, terus jaga jarak anda agar tidak bersentuhan langsung dengan yang lain. Perbanyaklah berdiam diri di rumah, beraktivitas dengan keluarga di rumah itu lebih baik,” imbau Turmudi.

Tak hanya itu, menghadapi kepanikan saat ini ia juga mengimbau agar warga tak melakukan penimbunan atau pembelian bahan sembako dalam jumlah yang besar. Hal ini tentu akan berdampak pada ketidakseimbangan kebutuhan dan ketersediaan bahan yang ada.

“Jangan membeli dalam jumlah banyak, kasihan yang lain nggak kedapatan dan makin membuat situasi tambah kacau. Belilah seperlunya, secukupnya, jangan menimbun. Sudah situasi seperti ini baru ada yang manfaatkan kesempatan itu sangat tidak baik. Mohon dimengerti semuanya,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *