background img

Pagi Ini Dua Gempa Susulan di Kaltara, Warga Berhamburan

5 years ago written by

TARAKAN- Pagi ini, Selasa (22/12) pukul 08.01 Wita terjadi 2 gempa gempa susulan di Tarakan. Gempa berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR), lokasi 3,63 Lintang Utara 117,69 Bujur Timur atau 39 Km timur laut Tarakan. Gempa berkedalaman 10 Km dirasakan di Tarakan dan sekitanya. Gempa kedua, tak berselang lama, tepatnya pukul 08.18 Wita dengan kekuatan 4,8 SR di lokasi 3,53 Lintang Utara 117,99 Bujur Timur, atau 39 Km timur laut Tarakan.
Dua kali gempa dipagi ini kembali membuat warga Tarakan panik. “Gempa berlangsung sekitar 5 detik,” kata Rustam, warga Tarakan. Warga yang kembali beraktivitas kontan kaget. Yang berada di gedung bertingkat pun segera berhamburan keluar. “Takut terjadi apa-apa mas,” kata Lia, PNS yang berkantor di gedung Gabungan Dinas (Gadis) Jalan Jenderal Sudirman.
“Kami panik, makanya berhamburan keluar dari kantor,” lanjut dia. Untuk sementara, dirinya dan PNS lainnya belum berani masuk ke kantor. “Deg-degan juga,” tutupnya.
Sebelumnya diberitakan, Senin (21/12) kemarin, sebagian besar wilayah Provinsi Kaltara pukul 01.47.37 WIB, seperti Tarakan, Nunukan, dan Tanjung Selor diguncang gempa tektonik dengan kekuatan 6,1 SR. Menurut Kepala Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono SSi MSi, berdasarkan analisis data gempa bumi BMKG, pusat gempa terletak pada koordinat 3,61 LU dan 117,67 bujur timur, tepatnya pada jarak 29 Km arah timur laut Tarakan pada kedalaman hiposenter 10 Km.
“Guncangan gempa dirasakan di Tarakan, Nunukan, Tanjung Selor,” katanya. Ditambahkannya, semenjak gempa pertama terjadi, hingga pukul 05.30 WIB tadi, sudah terjadi 15 kali gempa susulan.
 
(Kaltimpost.co.id)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *