background img

ORI SESALKAN SATGAS BERANTAS PUNGLI

4 years ago written by

Balikpapan – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menyayangkan keputusan Presiden Jokowi membentuk Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) Pungutan Liar (Pungli). Pasalnya, tugas memberantas pungli di instansi pemerintah sudah merupakan salah satu kerja dan fungsi ORI. Hal ini dikatakan Senior Assisten ORI Koordinator Tim IV Bidang Pertanahan, Property dan Perkebunan, Yustus M. “Pemerintah seharusnya memberdayakan instansi yang sudah ada seperti ORI, karena hampir setiap hari menerima laporan dari masyarakat terkait pungli,” ujar Yustus saat ditemui KPFM, baru-baru ini.

ORI melihat pembentukan Satgas Saber Pungli oleh Presiden hanya merupakan tindakan responsip yang sifatnya insidensial. Menurut Yustus, di semua instansi pemerintah pasti berpotensi terjadinya pungli. “Dimana ada sektor pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan berkaitan dengan biaya, pasti membuka peluang untuk terjadinya pungli,” ungkapnya.

Yustus berharap agar kedepannya pemerintah bisa melibatkan ORI dalam hal pemberantasan pungli. Karena sesuai dengan UU No 37 Tahun 2008, dalam rangka pencegahan korupsi, ORI bertugas untuk memberantas maladministrasi termasuk pungli. “Memang pembentukan satgas tersebut merupakan diskresi Presiden. Tapi mudah-mudahan kedepannya ORI bisa dilibatkan dan diberi peran. Selain itu, yang harus diingat bahwa pungli adalah efek dari tidak berjalannya pelayanan publik yang baik,” tutup Yustus. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *