background img

ORANG TUA HARUS JADI TELADAN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Mendidik anak tidak melulu dengan fasilitas yang mahal. Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Terutama dari segi agama. Hal inilah yang disampaikan dalam program Sajadah (Sajian Amal Ibadah) di radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, edisi siar Jumat, (3/1).

Program setiap Jumat yang didukung Dompet Dhuafa Kaltim ini menghadirkan ustadz UstadZ Surianto Rusdin, S.Sos, dan dipandu penyiar Elyana Sesil.

“Menjadi teladan bagi anak merupakan tahap awal memberikan pendidikan anak dalam Islam. Kita sebagai orang tua harus menjadi teladan yang baik. Jadi, jika ingin anak kita baik, maka kita harus menjadi contohnya terlebih dahulu,” ucap ustadz Surianto Rusdin.

Ia mengatakan, membangun kebiasaan baik juga salah satu tahapan berikutnya, agar anak bisa mencontoh tabiat orang tuanya. Tanpa harus dipaksa atau disuruh.

“Jika anak ingin diberikan nasihat, maka penasihat harus memiliki wibawa agar anak bisa menerima nasihat yang diberikan. Kemudian, memberikan perhatian pada anak juga merupakan tahapan berikutnya. Ini jika ingin memberikan pendidikan anak dalam Islam,” tambah ustadz yang juga berkecimpung di wadah Paud dan TK di Kota Balikpapan.

Bagaimana bila anak melakukan kesalahan dan harus dihukum? Ustadz Surianto mengatakan, dalam Islam mengajarkan bahwa ada cara menghukum serta alat yang digunakan saat menghukum. Saat anak melakukan kesalahan, hukuman yang diberikan jika harus memukul, pukullah di daerah telapak tangan atau bokong. Tidak diperbolehkan memukul di daerah wajah.

“Sedangkan alat yang digunakan saat melakukan hukuman harus dengan alat yang lunak, tidak dianjurkan menggunakan alat yang keras, apalagi tajam,” tutupnya. (SESIL/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *