background img

NATAL TUNGGU ARAHAN PUSAT

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN- Pemerintah Kota Balikpapan masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan perayaan natal di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu petunjuk dari dari pemerintah pusat terkait panduan pelaksanaan kegiatan ibadah perayaan natal di masa pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan, tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait sebagai persiapan dalam mengamankan pelaksanaan perayaan Natal di Kota Balikpapan.

“Kita masih menunggu petunjuk dari kementerian, secara spesifik belum ada petunjuk,” kata Zulkifli kepada wartawan, Jumat (4/12).

Secara umum, pelaksanaan pengamanan terhadap perayaan Natal tidak jauh berbeda dengan yang dilaksanakan pada hari besar keagamaan lainnya seperti pada perayaan Maulid Nabi, yakni tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap acara.

Dengan menjalankan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Serta di dalam ruangan dibatasi maksimal 100 orang.

Dalam pelaksanaan ibadah ataupun kegiatan lainnya, jumlah umat yang dapat mengikuti tidak melebihi 50% dari kapasitas rumah ibadah.

“Mungkin acuannya kurang lebih sama, tapi nanti kita tunggu dulu arahannya,” terangnya.

Menurut Zulkifli, kesehatan dan keselamatan warga menjadi prioritas utama yang wajib dipertimbangkan.

Khususnya dalam menetapkan kebijakan penyelenggaraan ibadah dan perayaan Natal di tengah pandemi.

Sehingga, apabila terdapat panduan ibadah Natal maka diharap bisa meminimalisir risiko terjadinya kerumunan. Tentunya tanpa mengesampingkan aspek spiritualitas umat dalam melaksanakan ibadah dan perayaan Natal.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *