background img

MITA RAIH NILAI TERTINGGI SE KALTIM

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Mita Nur Maulidah (18), siswi SMK Airlangga Balikpapan membawa kebanggaan bagi Kota Minyak. Ia berhasil meraih nilai tertinggi se-Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 jenjang SMK.

Pelajar jurusan Akuntansi ini memperoleh nilai 364.50 dari empat mata pelajaran yang diuji. Satu dari empat mata pelajaran tersebut, yakni matematika diraih Mita dengan nilai sempurna 100. Sementara untuk bahasa Indonesia hanya meraih nilai 94, bahasa Inggris 78 serta 92.50 untuk mata pelajaran Komputer.

“Alhamdulillah pada UNBK ini saya bisa mendapat nilai tertinggi se-Kaltim. Sebenarnya ada dua orang, satunya dari Kota Samarinda. Nilai kami setelah dikalkulasi jumlahnya sama yakni 364.50,” kata Mita saat ditemui di sekolahnya, Kamis (16/5).

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini mengaku, tidak menyangka mampu mencapai prestasi tersebut. Bahkan mendapat nilai sempurna untuk pelajaran matematika, juga diakuinya di luar dugaan. Sebab, saat ujian matematika berlangsung terdapat satu soal yang bermasalah. Hampir tidak memiliki jawaban.

“Sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa meraih nilai sempurna untuk matematika. Karena ada satu soal yang hampir tidak ada jawabannya. Jadi, saat ujian itu saya isi saja jawaban yang ada dan alhamdulillah benar,” ujar perempuan berjilbab ini.

Untuk mencapai prestasi itu, anak dari pasangan Pujiyanto (50) dan Ngatimah (47) ini mengakui sangat fokus mengikuti alur pelajaran di sekolah. Utamanya jelang UNBK 2019. Dirinya juga berupaya memenuhi target belajar mandiri di rumah. Ditambah les matematika bersama guru.

“Ada program belajar khusus. Kalau di rumah habis salat subuh. Dari pihak sekolah juga ada Bimbingan Belajar (Bimbel). Ada program khusus juga untuk mata pelajaran matematika,” ungkapnya.

Setelah mendapat kepastian kelulusan, pelajar yang tinggal di Sidodadik, Balikpapan Barat (Balbar) ini fokus mengikuti tes di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di Jakarta bulan Juli 2019. “Sesuai dengan cita-cita saya. Ingin jadi akuntan. Makanya saya berusaha semaksimal mungkin agar bisa lulus tes,” harapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *