background img

MESKI AIR WADUK AMAN, MASIH POTENSI GANGGUAN

4 years ago written by

Balikpapan – PDAM Balikpapan mencatat saat ini ketinggian level air Waduk Manggar pada posisi aman, mencapai 9,5 meter. Jauh di atas level kondisi krisis yang berdampak pada penggiliran distribusi air ke masyarakat. Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi berharap hujan akan terus turun beberapa hari kedepan, sehingga ketinggian debit air waduk bisa mencapai 10 meter. Dengan begitu dapat membantu proses penyaringan kualitas air secara alami.  “Ketinggian debit air masih di bawah 10 meter. Artinya masih berpotensi adanya gangguan kualitas air,” kata Haidir saat ditemui KPFM usai coffee morning di kantor Walikota Balikpapan, Senin (21/11).

Menurutnya, tingginya level air waduk juga belum dapat dikatakan distribusi air bisa berjalan normal. Karena sangat dipengaruhi kapasitas distribusi. Daerah jauh dan tinggi secara teknis belum dapat terlayani dengan maksimal. “Masih ada daerah yang belum teraliri 24 jam. Jadi kita tetap seleksi dari sisi kualitas distribusi. Artinya tekanan air harus ada. Jangan sampai saluran ada tapi tekanan tidak ada,” terangnya.

Haidir juga menuturkan, sampai saat ini jumlah pelanggan PDAM mencapai 94.500 lebih sambungan. Sejak Januari hingga sekarang sudah ada 2.500 pendaftar baru. “Dari jumlah ini baru sebagian yang sudah terealisasi, dan sebagian ada yang masih kita tunda. Karena hampir setengah tahun terakhir tidak ada pelayanan sambungan baru. Kita targetkan akhir tahun semua sambungan baru terealisasi,” ujarnya. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *