background img

MEROKOK HAMBAT GERMAS

4 years ago written by

Balikpapan – Merokok ternyata menjadi salah satu indikator yang bisa menghambat pencanangan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dalam rangka menuju Indonesia Sehat. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Balerina JPP saat ditemui KPFM di kantornya, Senin (21/11). Dikatakan, memang susah dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia akan benar-benar bersih dari merokok. Kata “tidak ada yang merokok” bukan berarti tidak ada sama sekali. Ini dibuktikan dengan disediakannya smoking area di beberapa tempat umum seperti di mall, dan bandara.

Balerina menyebut, tempat khusus merokok itu harus berada di luar ruangan yang beratapkan langit, atau misal di dalam satu ruangan yang menggunakan ventilasi isap. “Karena rokok yang jatuh ke lantai menyebabkan partikel halus dalam nikotin rawan terisap oleh anak-anak yang sering bermain di lantai, dan itu akan berakibat buruk,” jelas Balerina.

Di Balikpapan ada tempat umum yang ditetapkan sebagai KSTR (Kawasan Sehat Tanpa Rokok), seperti sekolah, rumah ibadah, puskesmas, dan rumah sakit. KSTR yang diatur Perwali ini tidak boleh ada orang yang merokok, kecuali di luar area kawasan tersebut. “Jika ada yang merokok di puskesmas atau tempat lainnya yang sudah saya sebut, harap ditegur langsung, atau difoto nanti laporkan ke DKK,” tambah Balerina.

Harapannya, kesadaran tak merokok itu harus timbul dalam diri sendiri. Lalu bagaimana kita mengajak orang untuk memahami bahwa merokok itu sangat tidak baik. Bagi yang belum bisa menghilangkan prilaku itu, sebaiknya mencari tempat khusus agar tidak mengganggu bagi yang tidak merokok, terutama anak-anak.

Seperti diketahui, Germas secara nasional dimulai dengan fokus tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, memeriksakan kesehatan secara rutin 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. Pencanangan Germas 12 November lalu berkaitan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *