background img

Menteri Ketenagakerjaan Prihatin Terhadap PHK di Kaltim

5 years ago written by

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Hanif Dhakiri, hari ini Kamis 11 Februari 2016 hadiri seminar K3 nasional yang berlangsung di Platinum Hotel Balikpapan.
Seminar yang diselenggarakan oleh panitia bulan K3 kota Balikpapan tersebut mengambil tema “Tingkatkan Budaya K3 Untuk Mendorong Produktivitas dan Daya Saing di Pasar Internasional”.
Dalam sambutannya Hanif menyatakan, pemerintah harus terus menggalakkan sistem manajemen Keselamatan Kecelakaan Kerja – K3.
Masalah keselamatan kecelakaan kerja ini menjadi masalah yang serius dan pemerintah terus mendorong perusahaan untuk manajemen K3 harus menjadi bagian sistem manajemen perusahaan.
Setelah seminar selesai, acara dilanjutkan dengan mengunjungi pameran K3 Nasional dan Menteri Ketenagakerjaan juga mengunjungi ke Kantor Total di Balikpapan.
Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi itu juga meminta kepada pemerintah daerah di Kalimantan Timur agar tidak menjadikan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagai opsi terakhir dan bukan pilihan pertama.
Hal tersebut mengingat, perusahaan batu bara di Kaltim banyak yang tutup akibat melemahnya harga jual, sehingga berdampak terhadap PHK. Selain itu, rencana Chevron melakukan PHK akibat menurunya harga minyak dunia yang ikut berdampak juga di Kaltim.
Hanif mengatakan, Pemerintah pusat akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengantisipasi terjadinya PHK besar-besaran di Kaltim.
Adapun solusi yang ditawarkan yakni, perusahaan diminta untuk mengurangi gaji dari pekerja di level tertinggi, selain itu mengurangi lembur bagi karyawan.
Hanif juga mengatakan, sebelum melakukan PHK terhadap karyawan, terlebih dahulu dilakukan dialog dan membuat kesepakatan dengan karyawan maupun serikat pekerja di perusahaan tersebut.
Apabila PHK akan dilakukan, maka perusahaan berkewajiban memberikan hak-hak karyawan selama mereka bekerja di perusahaan.
 
(Fredy Janu)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *