background img

MENHUB TINJAU LOKASI IKN

2 months ago written by

Foto : Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi

KPFM BALIKPAPAN – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Kota Balikpapan, Kamis (19/9) pagi. Kedatangannya kali ini untuk meninjau langsung lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, rombongan mendatangi Kecamatan Samboja, Kecamatan Sepaku, Teluk Balikpapan hingga jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

“Tadi bersama Gubernur Kaltim kami melakukan observasi bagaimana koneksifitas itu akan dilakukan di sini. Tentunya kita bersandar dari apa yang menjadi rekomendasi dari Bappenas dan Kementerian PU, ada 250 ribu hektare yang akan direkomendasikan sebagai IKN,” kata Budi kepada awak media.

Ia mengatakan, pihaknya menginventarisasi infrastruktur yang ada di Kaltim, sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan moda transportasi yang akan digunakan. Khususnya menghubungkan Kota Balikpapan dan Samarinda dengan Pusat Pemerintahan.

“Makanya kita sekarang ingin menginventarisasi infrastruktur apa yang ada, dan di mana saja yang potensial bisa dikembangkan. Dari apa yang kita lakukan tadi tentu kita tahu ada dua bandara di sini dan ada jalan tol. Itu merupakan modal bagi kita untuk menjadikan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara,” ujarnya.

Untuk mendukung hal itu,  lanjut Budi, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Forum Group Diskusi (FGD) antara Kementerian dengan DPR maupun pihak terkait, membahas persiapan Ibu Kota Negara. FGD akan digelar di Jakarta maupun di Kota Balikpapan.

“Nanti dalam waktu dekat ini akan ada beberapa FGD baik di sini maupun di Jakarta. Tentunya ini menjadi dasar bagi kita untuk merekomendasi di mana titik sentral dari Pusat Pemerintahan,” ungkapnya.

Di samping itu, rencananya juga akan disayembarakan terkait moda transportasi yang layak untuk menghubungkan Kota Balikpapan dan Samarinda dengan Pusat Pemerintahan. Mengingat kedua daerah ini telah memiliki Bandara.

“Kami dari Kemenhub memberikan  tor, syarat-syarat koneksifitas seperti apa yang akan digunakan. Kita harapkan ada pemenang terbaik untuk memilih lokasinya,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *