background img

Memprihatinkan, Kasus AIDS Balikpapan Meningkat

4 years ago written by

Balikpapan – Naiknya jumlah penderita HIV AIDS di Balikpapan membuat pemerintah prihatin. Dr. Balerina JPP, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengatakan, jumlah kasus baru HIV AIDS sampai bulan Juli 2016 sudah mencapai 115 orang. Padahal, kasus HIV AIDS sepanjang tahun 2015 hanya berjumlah 152 orang.

Peningkatan ini terjadi masih disebabkan prilaku seks bebas dan penyalahgunaan narkoba dengan suntikan. Seperti diketahui, kasus HIV AIDS ini seperti fenomena gunung es. Yang sudah masuk dalam data sekarang ini bila dibandingkan dengan yang belum terdata, diyakini Balerina jumlahnya akan jauh lebih besar.

Untuk menemukan kasus-kasus baru yang belum terdeteksi oleh Dinas Kesehatan Kota, maka pemerintah melaksanakan beberapa kegiatan, seperti melakukan penyuluhan, penjaringan, dan infeksi menular pada ibu hamil di semua pelayanan kesehatan yang ada di Balikpapan. Setelah itu, melakukan pemeriksaan infeksi menular seksual, konseling, dan tes HIV pada penderita TBC. Dilanjutkan dengan pemeriksaan, konseling, dan tes HIV pada warga binaan di Lapas. Kemudian melakukan pemeriksaan HIV pada kasus risiko tinggi, yaitu pada LGBT, wanita pekerja seksual dan pemakai obat suntik. Dan yang terakhir konseling dan tes HIV pada karyawan pelabuhan. Bagi yang positif menderita virus mematikan itu, maka akan diberi Care Support Treatment atau istilah lainnya adalah pengobatan terapi oleh DKK.

Balerina menambahkan, disediakan juga biaya untuk pemusaraan jenazah bagi penderita AIDS, karena virus AIDS ini masih tetap bisa menjangkit pada manusia yang masih hidup. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *