background img

MAHALNYA TIKET, KPPU MENDUGA KARTEL

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Mahalnya tiket pesawat dan cargo masih jadi perhatian Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia. Ini disampaikan Komisioner KPPU RI Guntur Saragih saat berkunjung ke Kantor Wilayah (Kanwil) KPPU V di Balikpapan, Jumat (17/5).

Pasalnya, ada dugaan terjadi kartel harga tiket pesawat dan cargo. Dikatakan Guntur, pihaknya pun hingga kini masih terus melakukan penyelidikan.

“Saya pastikan perkara tiket, perkara cargo, perkara rangkap jabatan tidak berhenti. Kita sudah kasih perpanjangan waktu kepada investigator. Ini terus berjalan,” katanya kepada KPFM, Jumat malam.

Pengumpulan untuk membuktikan adanya kartel dan adanya pelanggaran pada fenomena tiket dan cargo tersebut masih dalam tahap pengumpulan bukti.

“Sekarang masih pengumpulan alat bukti. Ada dugaan kartel. Dugaan kartel itu ada, makanya kami masuk ke penyelidikan untuk menemukan ada tidaknya pelanggaran,” terangnya.

Selain harga tiket dan cargo, perkara lain yang menjadi sorotan KPPU do sektor transportasi adalah persaingan antara driver Grab tunggal dan yang bernaung di bawah PT TPI.

“Dalam hal ini, driver independen (tunggal) yang dirugikan dalam konteks persaingan. Ini juga patut menjadi sorotan. Karena ini juga menyangkut hidup orang banyak,” ujar Guntur.  (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *