background img

LPDS Gelar Lokaraya Perubahan Iklim

5 years ago written by

Lembaga pers Dr.soetomo( LPDS) hari ini 26 januari 2016 menggelar Lokaraya “Wartawan Meliput perubahan iklim”.
Acara yang dilaksanakan di Blue Sky Hotel tersebut mengupas Beberapa isu penting terkait perubahan iklim di  Kalimantan khususnya Balikpapan.
Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Eksekutif LPDS, Kepala Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (BP HLSW), dan Executive Directo Sentra Program Pemberdayaan Kemitraan Lingkingan (STABIL), Pengajar LPDS, Deputy Director World Resources Intitute Indonesia, serta Perwakilan wartawan yang ada di kota Balikpapan.
Purwanto Kepala BP HLSW mengatakan bahwa HLSW dan Teluk Balikpapan merupakan satu ekosistem yang tidak bisa terpisahkan karena HLSW mewakili Hutan Tropis di Balikpapan.
Banyak ancaman yang mengancam HLSW, diantaranya adalah perambahan, penebangan liar dan kebakaran hutan.
Kerusakan hutan akibat kebakaran di tahun 1997 hingga 1998 bahkan telah menghanguskan hingga 50 persen wilayah HLSW.
Pada Oktober 2015 kemarin, sekitar 900 hektar hutan terbakar di area barat, akibat dari kebakaran tersebut timbulnya titik batu bara yang bisa memicu kebakaran lain dan hingga kini telah ditemukan 13 titik baru di 1 hutan. Hal tersebutlah yang seharusnya menjadi perhatian bagi masyarakat, tidak hanya pihak BP HLSW, tetapi juga masyarakat umum terkair pentingnya melindungi Hutan.
 
(Fredy Janu)
 

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *