background img

Longsor Masih Ancam Prapatan

4 years ago written by

Balikpapan – Intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini mengancam beberapa wilayah Balikpapan akan bencana tanah longsor. Salah satunya di kawasan Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota. Berdasarkan catatan, ketika memasuki musim penghujan di Prapatan kerap terjadi tanah longsor. Sepanjang tahun 2016 ini sedikitnya sudah dua kali bencana alam itu terjadi. Sementara tahun 2015 lalu terjadi empat kali tanah longsor. Meski belum ada korban jiwa peristiwa ini patut menjadi perhatian.

Lurah Prapatan Slamet Junaidi saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (23/9) mengakui wilayahnya menjadi langganan longsor setiap tahun. Slamet mengatakan, tanah di kawasan ini berpotensi bergerak pada saat musim hujan. Alasannya, karena permukiman warga banyak berada di perbukitan dengan kemiringan antara 48 hingga 60 derajat. Dengan demikian, air tidak dapat meresap langsung ke tanah melainkan langsung mengalir ke bawah.

Slamet meminta agar masyarakat makin waspada. Ia juga memberikan arahan kepada warga yang bermukim di bawah tebing agar mengungsi ke tempat yang dianggap cukup aman apabila hujan berlangsung lama. Selain itu, Slamet meminta warga untuk memperbaiki dan membuat saluran air tepat di atas tanah bertebing, serta menebang ranting pohon untuk mengurangi beban tanah. Dengan demikian, jika hujan air bisa mengalir dan ikatan tanah tetap stabil. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *