background img

LES TAMBAHAN TAK BOLEH PUNGUT BIAYA

4 years ago written by

Balikpapan – Apabila ada pihak sekolah yang melakukan pungutan sebagai pengganti uang lelah untuk memberikan pelajaran di luar jam belajar, siap-siap disorot aktivis pendidikan. Karena hal itu tak dibenarkan. Pasalnya, biaya tambahan belajar tersebut anggarannya sudah dibebankan pada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin, Jumat (14/10). Ia mengatakan, memang ada les tambahan di sekolah yang diberikan pada peserta didik, tetapi diprioritaskan untuk kelas VI, kelas IX, dan kelas XII yang akan menghadapi ujian. Kegiatan tersebut hanya berlangsung satu jam. Dinas Pendidikan sudah mengimbau ke seluruh sekolah untuk mengadakan les tambahan di sekolah yang sudah menjadi aturan. “Bila murid datang ke rumah guru karena masih kurang mengerti tentang pelajarannya, tapi tidak ditarik bayaran, ya tidak masalah. Artinya, guru masih memberi kesempatan kepada murid untuk mendapat tambahan pelajaran. Tapi itu tidak dianjurkan,” kata Muhaimin.

Untuk menghindari adanya fitnah, Dinas Pendidikan menganjurkan kepada orang tua murid untuk mengikutkan anaknya ke lembaga bimbingan belajar yang legal. Untuk saat ini, kegiatan tambahan belajar yang didanai BOS distop untuk sementara karena defisit anggaran. Kecuali mendapat kucuran dana lagi dari BOS Pusat. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *