background img

LEBARAN, BPJS KESEHATAN MUDAHKAN PELAYANAN

3 years ago written by

Balikpapan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus menyederhanakan prosedur pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama masa mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, yakni dari tanggal 19 Juni hingga 2 Juli 2017.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Balikpapan Muhammad Fakhriza mengatakan, penyederhanaan prosedur ini sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta BPJS Kesehatan.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non-darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Muhammad Fakhriza saat jumpa pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan cabang Balikpapan di jalan Blora, Pasar Baru, Kamis (15/6).

Perlu diketahui, lanjutnya, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaannya aktif. “Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, maka mereka akan mendapat tindakan medis yang sesuai berdasarkan hasil dokter dan itu tidak ditarik biaya,” papar Fakhriza.

Untuk kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa diunduh di smartphone. “Dalam aplikasi tersebut peserta bisa mengakses nomor-nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan terdekat, fasilitas kesehatan, serta info penting lainnya yang berkaitan,” tambahnya.

Di samping itu, selama libur Lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk memperoleh pelayanan yang diperlukan peserta JKN-KIS. Layanan BPJS Kesehatan Care Center hadir dalam 7 hari 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin hingga Jumat pukul 07.00 Wita hingga 20.00 Wita.

Perlu diketahui, untuk Kota Balikpapan, BPJS Kesehatan telah menunjuk dua rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunung Malang dan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) untuk tetap dapat menerima pasien darurat dan non-darurat tanpa harus meminta rujukan. Pelayanan tersebut berlaku mulai 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *