background img

LAYANAN SIM SEGERA DIBUKA

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Setelah kurang lebih tiga bulan dihentikan, layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polresta Balikpapan segera dibuka kembali untuk umum.

Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono membenarkan hal tersebut. Pihaknya saat ini telah menerima surat telegram dari Kapolda Kaltim terkait pembukaan kembali layanan pengurusan SIM tersebut.

“Kami sudah mendapatkan surat telegram dari Kapolda Kaltim yang terbaru terkait pelayanan SIM. Kita akan melaksanakan pelayanan tanggal 2 Juni 2020 dan saat ini sedang persiapan,” kata Kompol Irawan Setyono, Jumat (22/5).
Irawan menyebut, saat dibuka kembali tidak bisa dipungkiri akan terjadi penumpukan warga. Baik yang mengurus perpanjangan atau pun pembuatan SIM baru. Itu dikarenakan penutupan layanan selama tiga bulan.

Mengantisipasi penumpukan tersebut, pihaknya bakal melakukan pembatasan terhadap jumlah pengurus SIM. Bahkan pihaknya juga mewajibkan untuk pemakaian masker saat mengurus perpanjangan SIM ataupun pembuatan baru.

“Akan melakukan pembatasan jumlah pemohon dan beberapa persyaratan. Seperti wajib menggunakan masker dan akan menghitung jumlah kuota yang di dalam ruang pelayanan, serta social distancing. Jumlah kuotanya 150 dalam setiap harinya. Kami akan siapkan thermo gun, cuci tangan dan social distancing,” ujarnya.

Irawan menambahkan, teruntuk masyarakat yang masa berlaku SIMnya habis saat pelayanan SIM ditutup selama bulan Maret, April dan Mei lalu akan diberikan kompensasi. Yakni tetap boleh melanjutkan pengurusan seperti biasa.
“Di sini juga diberi catatan kompensasi bagi masyarakat yang bulan Maret, April dan Mei yang sudah habis masa berlakunya kita akan proses sesuai seperti perpanjangan tanpa harus melakukan pembuatan SIM ulang,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *