background img

KUALITAS SAYURAN MENURUN

4 years ago written by

Balikpapan – Dampak langsung dari seringnya hujan di Balikpapan belakangan ini adalah menurunnya kualitas hasil tani. Salah satunya tanaman sayuran kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, harga jual beberapa jenis sayuran sempat terkerek naik.

Pengecualian untuk saat ini harga kangkung dan bayam masih terpantau normal. Hanya kualitasnya menurun. Seperti dikatakan Nurhayati salah satu penjual sayuran di Pasar Baru, Jl. Sudirman, Rabu (5/10), harga kangkung masih di angka normal yaitu Rp 3 ribu/ikat dan harga bayam Rp 4 ribu/ikat. Sebelumnya, harga sayuran lokal sempat melejit di musim hujan. Karena kurangnya pasokan akibat dari banyaknya tanaman rusak terendam banjir.

Berbeda dengan dua jenis sayuran tersebut, cabai rawit justru mengalami penurunan hingga Rp 13 ribu/kg dibanding seminggu lalu yang mencapai Rp 35 ribu/kg. Bawang merah juga mengalami penurunan dari harga Rp 45 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg. Tetapi tidak untuk bawang putih, bahkan mengalami kenaikan menjadi Rp 36 ribu/kg dari harga Rp 34 ribu/kg. Untuk harga komoditas sayuran yang lain masih dibatas normal. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *