background img

KPU TETAPKAN 45 ANGGOTA DPRD TERPILIH

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Partai Golongan Karya (Golkar) menjadi partai yang mendapatkan perolehan kursi terbanyak, yakni 11 kursi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kota Balikpapan.

Hal itu tertuang dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Balikpapan periode 2019-2024 pada Pemilu tahun 2019, di Hotel Benakutai Balikpapan, Senin (22/07).

“Pleno ini adalah tahapan akhir. Selanjutnya nanti tinggal pelantikan, tapi itu bukan wewenang kami,” kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha kepada awak media usai sidang pleno terbuka.

Setelah Golkar, di urutan kedua adalah Partai PDIP dengan total delapan kursi, disusul Gerindra dengan enam kursi dan  PKS memperoleh enam kursi. Sementara Partai Demokrat empat kursi, serta PPP sejumlah tiga kursi.

“Partai NasDem juga tiga kursi. Kemudian Partai Hanura sebanyak dua kursi, Perindo satu kursi dan PKB mendapatkan satu kursi,” ujarnya.

Thoha menegaskan, sidang peno terbuka penetapan jumlah kursi ini merupakan tahapan akhir dalam proses Pemilu. Selanjutnya, hasil penetapan jumlah kursi yang diperoleh partai akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) untuk ditetapkan oleh Gubernur jadwal pelantikannya.

“Setelah ini kami serahkan ke provinsi, untuk ditandatangani Gubernur terkait jadwal pelantikannya dan sekretariat dewan untuk kelengkapannya,” ungkapnya.

Menurutnya, jika menyesuaikan dengan jadwal berakhirnya masa jabatan 45 anggota DPRD Balikpapan Periode 2014-2019, maka anggota DPRD Kota Balikpapan terpilih dijadwalkan akan dilantik paling lambat pada tanggal 26 Agustus 2019. “Paling lambat tanggal 26 Agustus pelantikannya,” ucapnya.

Hanya, anggota dewan terpilih, tegas Thoha, tidak akan dilantik begitu saja. Ia memberi catatan khusus bagi calon terpilih yang tidak melampirkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Yang tidak menyerahkan, tidak akan dilantik. Aturan penyerahan LHKPN itu telah dituangkan dalam Pasal 37 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. Bagi caleg terpilih yang belum menyerahkan LHKPN akan ditunda pelantikannya,” tegasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *