background img

KORBAN KEBAKARAN SEPINGGAN TIDAK TIDUR DI TENDA DARURAT

3 years ago written by

Balikpapan – Sebanyak 13 Kepala Keluarga dari 56 jiwa korban kebakaran di Gang Sumber Sari RT 22 Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan, Rabu malam (28/6), tidak ada yang tidur di tenda darurat. Mereka ditampung kerabat dan keluarga yang berdomisili di sekitar lokasi kebakaran.

“Tidak ada yang tidur di tenda. Mereka sudah ditampung di rumah keluarga dan kerabat masing-masing. Kami beserta warga yang lain ikut membantu prosesnya,” ujar Ketua RT 22 Kelurahan Sepinggan Suryansyah, Kamis (29/6).

Tenda darurat itu sendiri berdiri hingga tiga hari ke depan. “Namun bila bantuan dari masyarakat terus mengalir, maka Dinas Sosial akan memperpanjang hingga tujuh hari,” jelas Suryansyah.

Dikatakannya, hingga Kamis semua korban telah terdata. Ada 11 rumah yang habis terbakar, dan empat lainnya mengalami kerusakan ringan. Untuk ke depannya, pihak RT akan bekerjasama dengan pemerintah melakukan mediasi terkait tata ruang dan tata bangun yang baik.

“Diharapkan ada konsolidasi lahan, bagaimana bangunan nantinya layak huni dan memiliki akses yang baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, petugas pemadam kebakaran sedikit terkendala untuk memadamkan kobaran api, lantaran pemukiman penduduk yang terbakar berada di atas bukit dan tak mempunyai akses jalan yang baik.

Sementara Kasie Perlindungan Korban Bencana Alam Dinas Sosial Tukiyo saat diwawancarai di posko bantuan mengatakan, proses penanggulangan bencana pada korban sudah tertangani dengan baik berkat kerjasama pihak terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, Kelurahan Sepinggan, dan Dinas Sosial.

“Penanggulangan sudah dilakukan sejak tadi malam pasca kebakaran dengan mendirikan tenda serta pemberian matras dan selimut untuk menampung para korban,” ujarnya.

Kegiatan penanggulangan bencana selanjutnya berupa pemberian bantuan sembako, pakaian, makanan, dan kebutuhan lainnya. Bantuan itu juga datang dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Balikpapan dan masyarakat peduli.

“Bantuan-bantuan itu berupa paket sandang, kaos untuk warga, 400 kaleng sarden, 13 buah paket baju kerah dan paket keluarga,” tambah Tukiyo. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *