background img

KK Jessica : Penanganan Demam Pada Anak

4 years ago written by

Narasumber :        Dr. Rhyno Febriansyah, Sp.A (RS. Sayang Ibu)

Keluhan yang paling sering disaat kunjungan dokter anak adalah demam pada anak, hampir 30 % nya. Menurut dr. Rhyno, demam pada anak yang perlu mendapat perhatian adalah saat anak tidak mendapat asupan cukup makanan dan cairan, lesu dan tidak  mau beraktifitas. Demam pada anak dibawah 3 bulan perlu diwaspadai. Penyebab demam bisa karena infeksi virus atau bakteri. Untuk infeksi virus, tidak membutuhkan antibiotik dan biasanya panas anak mendadak tinggi. Sedangkan yang disebabkan bakteri, menurut dr. Rhyno tidak boleh diberikan antibiotik terlalu sering, karna badan bisa imun atau kebal.

Banyak mitos di masyarakat yang mengatakan kalau makin tinggi suhu demam, maka makin berat penyakitnya. Ternyata itu disangkal, menurutnya demam anak lihat dari kondisi yang menyertai. Kasus pada pilek dan batuk anak hanya demam  38 derajat tetapi anak mengalamisesak nafas, perlu mendapat perhatian ekstra.

Yang terpenting, pada saat anak mengalami demam dan kejang, para orang tua diharapkan tidak panic, jauhkan barang-barang berbahaya disekitar anak, dan bila terjadi muntah, baringkan anak pada posisi miring agar anak tidak tersedak atau mengalami penyumbatan pada pernapasan. Kejang pada anak yang lebih dari 15 menit patut diwaspadai dan hindari memasukkan sesuatu ke mulut anak. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *