background img

KENAIKAN CABAI MASIH TAJAM

4 years ago written by

Balikpapan – Harga beberapa kebutuhan bahan pangan di sejumlah pasar tradisional merangkak naik memasuki musim hujan periode ini. Bahkan diperkirakan kenaikan terjadi sepanjang Desember hingga menjelang Natal serta Tahun Baru. Kenaikan yang masih terasa pada komoditas cabai.

Salah satu pedagang di Pasar Sepinggan saat ditemui KPFM Jumat (18/11) mengatakan, harga cabai rawit dan cabai besar mengalami kenaikan tajam hingga dua kali lipat sejak dua pekan lalu. Tak hanya cabai, sayuran lain seperti sawi juga mengalami kenaikan. Untuk cabai rawit harga melonjak hingga Rp 60 ribu/kg, jika sebelumnya hanya berkisar Rp 30 ribu/kg. Untuk cabai besar juga begitu, yang sebelumnya hanya Rp 25 ribu/kg, sekarang mencapai Rp 40 ribu/kg.

Selain cabai, harga sayuran pun sempat dikeluhkan masyarakat yang sering berbelanja ke pasar. Salah satunya ibu rumah tangga, Susi. Menurutnya, harga sayuran seperti sawi, kangkung dan bayam sering berubah-ubah. Untuk hari ini (18/11) sawi mengalami kenaikan menjadi Rp 8 ribu/ikat, sebelumnya hanya Rp 5 ribu/ikat. Kangkung dan bayam harganya sama, yaitu sekitar Rp 5 ribu/ikat, naik dari Rp 3.500/ikat.

Tak terkecuali bawang merah juga mengalami kenaikan menjadi Rp 50 ribu/kg dari Rp 40 ribu/kg. Bawang putih masih aman berkisar di harga Rp 40 ribu/kg. Berbeda dengan Susi, Sudjinah sebagai pemilik warung makan di Sepinggan lebih memilih belanja di Pasar Pandansari karena dinilai lebih murah, dibanding Pasar Sepinggan.  Seperti harga cabai merah besar, jika di pasar Sepinggan mencapai Rp 60 ribu/kg, di Pandansari hanya Rp 55 ribu/kg dari Rp 30 ribu/kg. Untuk cabai rawit harga berkisar Rp 53 ribu/kg dari Rp 26 ribu/kg.

Sementara harga daging masih sama seperti bulan sebelumnya. Isko salah satu pedagang di Pasar Klandasan mengatakan, harga daging sapi Rp 120 ribu/kg. “Belum ada tanda-tanda akan ada kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun Baru. Sejak Idul Qurban sampai sekarang ya sama saja,” jelasnya.

Sukini sebagai pedagang sayuran mengaku, naiknya harga cabai dan sayuran diperkirakan karena banyak tanaman yang rusak akibat hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini. Sementara permintaan meningkat. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *