background img

KEMENTERIAN ESDM AJAK HEMAT LISTRIK

4 years ago written by

Balikpapan – Berdasarkan rasio elektrifikasi tahun 2016, pemenuhan listrik Indonesia masih mencakup sekitar 91,16 persen, atau masih ada sekitar 8,84 persen daerah yang belum mendapatkan akses energi listrik, seperti di beberapa daerah bagian Papua. Maka, agar konservasi energi dapat berjalan optimal, Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) mengajak seluruh masyarakat melakukan penghematan listrik. Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Sub-Direktorat Bimtek dan Kerjasama Direktorat Konservasi Energi, Gita Lestari saat talkshow di radio KPFM 95,4 Mhz jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Sabtu (20/5).

Dia mengatakan, potensi penghematan energi di Indonesia ini masih cukup tinggi. Menurut studi yang dilakukan Kementerian ESDM, perkiraan potensi konservasi energi nasional bisa mencapai antara 20 persen hingga 30 persen, di sektor rumah tangga mencapai hingga 30 persen, transportasi sekitar 15 persen hingga 35 persen, serta industri dan komersial bisa mencapai 30 persen. “Kami melakukan kampanye hemat energi setiap tahunnya, dan tahun ini akan dilakukan di tiga kota besar secara serempak, yaitu Balikpapan, Makassar dan Denpasar. Jadi pemerintah mengajak masyarakat untuk memotong penggunaan listrik sebanyak 10 persen,” jelas Gita.

Penghematan listrik tersebut bisa dilakukan masyarakat dengan mematikan lampu yang tidak terpakai, mencabut power plug dari listrik dan mengatur suhu ruangan Air Conditioner antara 24 hingga 26 derajat celcius, karena setiap perbedaan 1 derajat akan menghemat sebesar 6 persen. Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Balikpapan Arzaedi Rahman yang juga menjadi nara sumber talkshow sangat mendukung kegiatan tersebut. “Kampanye ini relatif mudah dilakukan oleh siapa saja. Secara nasional, menghemat 1 KWh lebih mudah dilakukan dibanding membangkitkan 1 KWh listrik,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kampanye Hemat Energi Potong 10% tahun ini akan diselenggarakan di Lapangan Tiga Merdeka, Minggu 21 Mei 2017 dengan Fun Walk bersama Walikota Balikpapan, Jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta ribuan masyarakat Balikpapan dan akan dimeriahkan oleh artis ibukota Drive.

Rara/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *