background img

KEMENAG BANGUN MAN FILIAL DI KM 8

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Minat warga Balikpapan untuk mendaftarkan anaknya masuk ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tampaknya cukup tinggi. Berdasarkan data, sekolah yang berada di kawasan Prapatan, Balikpapan Kota (Balkot) itu setiap tahunnya menerima berkas calon siswa baru sebanyak 500 hingga 600 siswa. Sementara daya tampung sekolah hanya 125 siswa.

Merespon hal ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kota  Balikpapan akan menambah daya tampung dengan menambah ruang belajar baru. Hanya, ruang belajar yang dimaksud bukan di sekolah yang sama. Melainkan membangun gedung baru di lokasi yang berbeda.

“Lokasinya di Kilometer Delapan Balikpapan Utara (Balut), ada satu hektare luasnya. Penambahan ruangan ini untuk menjawab tingginya animo masyarakat yang menginginkan anaknya sekolah di MAN,” kata Kepala Kemenag Balikpapan, Hakimin, Senin (24/6).

Penambahan ruang belajar baru ini, lanjut Hakimin, sebagai sekolah filial dari MAN yang ada di Prapatan.  Karena sejauh ini Kemenag belum mengajukan izin untuk pembangunan sekolah yang baru.

“Kami memang belum ada izin untuk menambah sekolah baru. Sehingga gedung yang kami bangun di Kilometer Delapan ini adalah filialnya MAN di Prapatan. Jadi hanya pengembangan lokal saja. Makanya pembangunan menggunakan dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN),” ujar Hakimin.

Proyek pengembangan lokal MAN di Kilometer Delapan ini sejatinya sudah diprogramkan sejak tahun 2017 lalu. Pematangan lahan telah dilakukan dengan biaya mencapai Rp 1,5 miliar. Tahun 2019 ini proyek tahap kedua dilakukan dengan membangun gedung sekolah. Biaya pembangunan ditaksir mencapai Rp 4,4 miliar.

“Target tahun 2020 sudah bisa terima siswa baru. Nanti Insya Allah kami terima tiga kelas dan guru-gurunya sudah tersedia,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *