background img

KELEBIHAN, SERIBU ORANG HUNI RUTAN BALIKPAPAN

6 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Rumah Tahanan (Rutan) Klas ll B Balikpapan mengalami kelebihan over kapasitas. Idealnya, Rutan tersebut diisi 350 orang, namun kini dihuni hampir dua kali lipat atau sebanyak 1.022 orang.

“Kapasitas Rutan ini 350 saja. Tapi keberadaannya ada 1.022 orang, melebihi 200 persen dengan kondisi yang ada,” kata Kepala Rutan Klas II B Balikpapan, Sopiana, Rabu (12/2).

Dengan kondisi tersebut, peningkatan kapasitas Rutan tentu sangat perlu dilakukan.

Soal ini, Sopiana mengaku optimistis tahun ini akan terealisasi. Sebab ia telah menyusun perencanaan dan anggaran lalu berkoordinasi dengan pimpinan wilayah maupun pusat.

“Tentunya perlu peningkatan pelayanan, khususnya blok hunian. Agar warga binaan tidurnya tidak seperti ikan asin dan lebih manusiawi,” ujarnya.

Peningkatan kapasitas Rutan ini, lanjut Sopiana, tengah tahap pengajuan dan menunggu keputusan dari pusat.

“Saya menginginkan peningkatan pelayanan publik. Sehingga bisa dirasakan oleh pengunjung dan warga binaan itu sendiri,” ungkapnya.

Ditanya soal target, dirinya pun optimistis tahun ini bisa terealisasi setelah mendapatkan persetujuan dari pimpinannya. Hal ini guna mendukung visi misi dari Lembaga Pemasyarakatan untuk meningkatkan pelayanan.

“Saya sudah menyampaikan kepada pimpinan saya, mudahan dengan kondisi yang ada ini bisa berubah secepat mungkin supaya apa yang menjadi visi misi pemasyarakatan bisa terpenuhi,” ucapnya.

Namun demikian, ada sedikit kendala dalam perencanaan pembangunan Rutan ini. Sopiana menuturkan sejauh ini terkendala keterbatasan lahan yang ada. Meski begitu ada opsi lain. Yang paling efektif adalah meningkatkan blok rutan menjadi dua lantai.

“Hasil analisa, yang bisa kami lakukan karena area terbatas yakni meningkatkan bloknya dan tembok keliling, sehingga menambah kapasitas hunian. Teknisnya juga lagi kami koordinasikan, karena harus dibongkar dari bawah kalau mau ditingkat,” tandasnya. (Fredy Janu/Kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *