background img

Kebutuhan Sapi Kurban 3.000 Ekor

4 years ago written by

Balikpapan – Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan memastikan suplai sapi untuk kebutuhan hewan kurban tahun ini aman. DPKP bahkan memastikan peternak sapi lokal yang melakukan penggemukan di sejumlah tempat di Balikpapan akan ikut menyedikan pasokan hewan kurban.

Yosmianto Kepala DPKP siang tadi mengatakan, dari hasil pendataan yang dilakukan, sapi yang diproduksi oleh peternak lokal tahun ini mencapai kurang lebih 1.500 ekor.
Dia memperkirakan permintaan masyarakat akan hewan kurban menjelang datangnya Idul Adha tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Meski situasi ekonomi yang agak sulit, tapi permintaan hewan kurban hampir sama seperti tahun lalu. Jumlahnya sekitar 3.000 ekor.
Dengan demikian, kebutuhan sapi kurban di Balikpapan mengalami kekurangan sekitar 50 persen atau 1.500 ekor sapi, dan nantinya dapat dipenuhi dari pedagang musiman dengan mendatangkannya dari luar daerah seperti Sulawesi.

Yosmianto juga menyarankan agar masyarakat membeli hewan kurban dari peternak lokal, karena melakukan perawatan dan penggemukan sapi sendiri. Dari sisi kesehatan dan kualitas sapi lebih baik ketimbang sapi yang baru didatangkan. Namun, DPKP memastikan keamanan dan kesehatan seluruh hewan kurban melalui Balai Karantina. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *