background img

KAMPANYE RAPAT UMUM TETAP ADA

1 month ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap membolehkan pasangan calon untuk menggelar rapat umum dalam Pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pihaknya akan tetap memberikan kesempatan kepada pasangan calon kepala daerah untuk menggelar kampanye rapat umum meski di tengah pandemi Covid-19.

Kampanye secara fisik ini akan tetap dilakukan di masa pandemi Covid-19, karena sudah terlanjur diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

“Secara hukum seluruh tahapan yang ada dalam undang-undang Pilkada tidak bisa dianulir kecuali dilakukan judirical view,” katanya ketika diwawancarai di kantor KPU.

Menurutnya, KPU sebagai penyelenggara Pilkada tidak diperbolehkan menganulir seluruh tahapan yang ada dalam Undang-undang Pilkada. KPU hanya diperbolehkan mengatur teknis pelaksanaannya agar tetap dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Yang diperbolehkan dilakukan oleh KPU hanya mengatur teknisnya, untuk tahapannya tetap ada,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini juga masih menunggu arahan dari KPU Pusat terkait teknis pelaksanaan kampanye di tengah masa pandemi Covid-19. Di antaranya menyangkut batasan jumlah orang yang hadir dan berapa kali kesempatan pasangan calon menggelar kampanye rapat umum.

“Kami juga masih menunggu Peraturan KPU tentang kampanye itu, belum tahu bagaimana nanti hasilnya. Yang pasti seluruh tahapan Pilkada yang ada dalam undang-undang itu tidak boleh dianulir, misalnya rapat umum itu tak harus ada, termasuk pawai budaya,” pungkasnya.(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *