background img

JANGAN PANIK JIKA ANAK ANDA DEMAM

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Demam sering sekali terdengar sebagai penyakit. Ternyata bukan. Demam adalah reaksi tubuh terhadap penyakit, bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Untuk memastikan anak demam atau tidak, maka harus dilakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermometer.

Persoalan demam ini dibahas di program Karir dan Keluarga pada segmen Interactive Healty Care (IHC) bersama Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Talkshow dipandu Elyana Sesil ini menghadirkan narasumber dr. Vanessa Trizia, dan Aditya Yorinda selaku Humas RSPB.

“Anak bisa dikategorikan demam jika suhu tubuhnya mencapai 37.5 derajat celcius. Segera diberikan obat penurun panas sesuai dosis. Misal, jika si kecil berat badannya 7 kilogram, maka dosis yang diberikan adalah 0.7 mililiter. Jangan terburu-buru memberikan si kecil obat saat demam,” ujar dokter Vanessa.

Dia menjelaskan, penyebab demam bisa dikarenakan infeksi virus atau bakteri, flu, radang bahkan DBD. Selain itu, demam pun bisa disebabkan karena imunisasi, atau bahkan proses tumbuh gigi pada anak.

“Berikan cairan yang cukup jika tubuh anak demam. Bisa dengan ASI jika masih bayi, atau air putih agar anak tidak dehidrasi. Jangan lupa berikan makanan bergizi. Jika ingin mengompres, bisa dengan air hangat agar uap panasnya keluar melalui pembuluh darah dan pori-pori kulit. Pengompresan bisa dilakukan di lipatan ketiak atau punggung,” ucap dokter cantik asal Yogyakarta ini.

Menurutnya, ada budaya di masyarakat jika anak demam dengan memberikan pakaian yang tertutup. Ternyata ini justru salah satu penyebab mengapa suhu tubuh anak semakin naik. “Berikan pakaian yang nyaman, jangan menyelimuti anak yang sedang demam agar uap panasnya keluar dan suhu tubuh segera turun. Jika orang tua memiliki riwayat kejang saat demam, patut diwaspadai anaknya juga akan menderita kejang saat demam. Biasanya terjadi saat usia 6 bulan hingga 5 tahun,” jelasnya.

Ia menyarankan, para orang tua tidak perlu panik jika anaknya demam. Beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki di rumah adalah thermometer dan obat penurun panas yang diberikan jika suhu tubuh sudah mencapai 37.5 derajat celcius. “Jika dalam tiga hari anak masih demam, segera dibawa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat,” tambahnya. (SESIL/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *