background img

JANGAN DISKRIMINASI PENDERITA AIDS

4 years ago written by

Balikpapan – Seorang penderita HIV AIDS Wijianto atau yang akrab disapa Gareng melakukan perjalanan keliling Indonesia dengan berjalan kaki. Adventure berjuluk Langkah Kaki Jelajah Negeri ini bertujuan untuk sosialisasi tentang HIV AIDS pada masyarakat, dan mengemban pesan moral agar tak ada stigma negatif serta diskriminasi pada orang yang positif terinfeksi HIV. Menurutnya, selama perjalanannya ke beberapa kota pandangan negatif terhadap penderita HIV AIDS masih sering terjadi. Tak hanya itu, bahkan dirinya menemukan oknum petugas kesehatan yang juga tidak simpati turut mendiskriminasi.

“Mereka yang positif terinfeksi HIV AIDS juga mempunyai hak sosial, dan punya tanggung jawab moral kepada masyarakat untuk tidak menularkan virus tersebut kepada orang lain. Jadi jangan ada diskriminasi kepada mereka,” kata Gareng. Kaltim merupakan provinsi ke-17 yang dijelajahi pria asal Nganjuk, Jawa Timur tersebut. Sedangkan Balikpapan kota pertama di Kalimantan yang disinggahi Gareng. Rute yang ditempuhnya berjalan kaki yaitu Balikpapan menuju Samarinda yang dilakukan Jumat (7/10), di mulai dari Hotel Pasific, Balikpapan, pukul 13.30 Wita. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Bontang, Sangatta, Kaltara dan kembali ke Balikpapan. Setelah itu dilanjutkan ke Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkalanbun, Pontianak dan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Gareng melakukan perjalanannya dimulai dari Jakarta, 7 November 2015. Rute yang telah dilalui yaitu Pulau Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Ambon, Papua dan Maluku Utara. Rencananya, Gareng akan menyelesaikan perjalanannya hingga finish di Kota Jakarta pada akhir 2017.

Dalam misinya ini Gareng membawa pesan moral untuk para pengidap HIV AIDS. “Saya selalu berpesan kepada mereka yang saya temui di beberapa kota, jangan mengucilkan diri sendiri dan jangan putus asa dengan kondisi yang sedang dialami. Tetaplah semangat dalam menjalani hidup dan tetap percaya diri,” ucap pemuda 33 tahun ini. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *