background img

INSENTIF PAJAK UNTUK UMKM

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Balikpapan Timur dengan wilayah kerja meliputi Balikpapan Selatan, Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara, memberikan edukasi mengenai Insentif Pajak untuk Wajib Pajak terdampak Pendemi Covid-19 Sektor UMKM, pada program Bincang Pajak radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Rabu (20/5).

Hadir tiga narasumber dari KPP Pratama Balikpapan Timur, masing-masing Alvian Dony Purwanto sebagai AR Waskon II, Baryeri Enggardi selaku Pelaksana Ekstensifikasi dan Penyuluhan, serta Agus Sugianto yang bertugas sebagai AR Ekstensifikasi dan Penyuluhan.

Tiga sektor yang paling terdampak yakni usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah (UMKM). Sehingga timbul kebijakan untuk mendukung penanggulangan dampak Covid-19, yaitu pemberian perluasan insentif pajak bagi setiap Wajib Pajak. Di mana PPh Final UMKM ditanggung pemerintah yang diberikan sejak masa pajak April 2020 sampai dengan masa pajak September 2020.

“Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan Surat Keterangan untuk dapat memanfaatkan insentif PPh Final yang ditanggung Pemerintah melalui laman www.pajak.co.id dan prosesnya hanya butuh waktu sekitar 10 hingga 15 menit,” jelas Agus Sugianto.

Namun, lanjutnya, untuk pengajuan insentif syarat dan ketentuan juga berlaku. Setelah melakukan login dengan memasukkan NPWP, kata sandi dan kode keamanan, pilih tab layanan dan klik icon KSWP. Kemudian scroll ke bawah dan pada bagian profil pemenuhan kewajiban saya, pilih insentif yang ingin dimanfaatkan.

“Penyampaian pemberitahuan memanfaatkan insentif paling lambat dilakukan setiap tanggal 20 setiap bulannya, dengan melampirkan e-reporting,” ujarnya.

Penting juga memperhatikan kode KLU (Klasifikasi Lapangan Usaha) pada NPWP yang terdaftar saat pengajuan insentif. Ini disebabkan karena pengajuan secara online, sehingga secara otomatis sistem membaca berdasarkan data yang ada.

Untuk masyarakat yang masih bingung mengenai insentif UMKM ini, silahkan follow Instagram KPP Pratama Balikpapan Timur di @PajakBalikpapanTimur. Ada 10 nomor yang dapat dihubungi untuk berkonsultasi.Jessica/Kpfm

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *