background img

INOVASI SPN GELAR DAI KAMTIBMAS

4 years ago written by

Balikpapan – Dalam rangka menciptakan polisi yang humanis, Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim membuat terobosan kreatif. Hal itu diwujudkan dalam sebuah program yaitu Dai Kamtibmas. Program ini bertujuan agar didikan SPN Polda Kaltim bisa berbaur dengan masyarakat terkait hal-hal yang bersifat keamanan dan ketertiban masyarakat. “Ini dilakukan agar mereka lulus nanti bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Ketika ada kasus narkoba, kasus kekerasan dan kasus lainnya mereka bisa menyampaikan dalil agama mengenai kasus tersebut,” ujar Kepala SPN Kombes Eko Nugrohadi, Rabu (7/12). Sehingga, penyelesaian kasus di masyarakat tidak hanya melalu pendekatan hukum namun juga menggunakan pendekatan agama.

Pelatihan ini disesuaikan dengan agama masing-masing. Dan bagi yang beragama Islam, yang menjadi pelatih atau trainer adalah ustadz yang berasal dari dalam dan luar Balikpapan. Pelatihan Dai ini baru berjalan selama 3 minggu. Dan program ini merupakan satu-satunya di seluruh SPN di Indonesia. “Ini satu-satunya di Indonesia”, ujar Kombes Eko Nugrohadi. Pelatihan ini dilaksanakan 2 kali dalam seminggu yang diambil dari waktu pengasuhan.

Kedepannya, setelah pelatihan materi dan retorika penyampaian selesai, para polisi yang sedang dalam pendidikan di SPN tersebut akan turun untuk praktek. Mereka akan berceramah ke sekolah dan masjid. Ini merupakan inovasi SPN Polda Kaltim di Angkatan 41. Saat ini, ada 207 polisi yang sedang menjalani Pendidikan Pembentukan Bintara Polri. Mereka menjalani pendidikan tersebut selama 7 bulan hingga 8 Maret 2017. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *