background img

INFLASI BALIKPAPAN MASIH TERTINGGI

4 years ago written by

Balikpapan – Hingga September 2016 Kota Balikpapan mengalami inflasi sebesar 0,21 persen. Angka ini menduduki peringkat tertinggi pada pembentukan inflasi tingkat kota dan kabupaten se-Kalimantan yang terpantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala BPS Kota Balikpapan Nur Wahid Selasa (4/10) mengatakan, sejak 2014 hingga September 2016 inflasi Kota Balikpapan selalu teratas dibanding daerah lain di Kalimantan.  “Balikpapan selalu menempati posisi tertinggi. Tahun ini inflasi sebesar 0,21 persen. Disusul Palangkaraya dan Banjarmasin yang sama-sama mengalami inflasi sebesar 0,11persen,” ungkapnya.

Inflasi Balikpapan tersebut dipicu makanan jadi, tarif pulsa, pisang, daging ayam dan transportasi. Sementara itu kelompok yang mengalami penurunan indeks harga pada bulan ini yakni kelompok bahan makanan, kelompok sandang, rekreasi dan olahraga. “Kalau berdasarkan kontribusinya terhadap total konsumsi rumah tangga, kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan memberikan andil terbesar terhadap pembentukan inflasi bulan September 2016, yakni sebesar 0,1139 persen. Kemudian disusul makanan jadi, minuman, air, listrik dan gas,” jelas Wahid. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *