background img

IMPOR GURU BESAR POTENSI JAJAH PENDIDIKAN INDONESIA

4 years ago written by

Balikpapan – Rencana Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir yang akan mengimpor Guru Besar (Gubes) dari beberapa negara, dikhawatirkan akan berdampak negatif pada dunia pendidikan di Indonesia. Kecemasan ini datang dari Rektor Universitas Balikpapan Piatur Pangaribuan.

Seperti diberitakan sebelumnya, M Nasir akan mengimpor sebanyak 500 gubes yang berasal dari Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Inggris, Australia, Jepang dan Korea Selatan.¬†Kepada KPFM Senin (24/10) Piatur menilai sikap Menristek Dikti terlalu instan dalam hal ini. Menurutnya, seharusnya pemerintah memaksimalkan SDM negerinya sendiri. “Pemerintah harus punya target yang jelas dalam hal ini. Jika tidak, dan hanya mengimpor guru besar, maka kebijakan ini akan menjadi bumerang,” ujarnya.

Piatur juga menilai program ini akan mengancam kearifan lokal dan karakteristik dalam pendidikan Indonesia. Sehingga akan berpotensi terjajahnya sistem pendidikan di Indonesia. “Apakah mereka (Gubes) mengerti dengan kondisi dalam hal ini kearifan lokal dan karakterisktik di Indonesia? Bagaimana jika mereka memakai gaya Barat yang kapitalis dalam mengajar. Cukup sudah secara ekonomi dan SDA kita yang dikuasai asing, pendidikan tak usahlah iku-ikutan dijajah,” ujar Piatur. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *