background img

IBU HAMIL POSITIF COVID MENINGKAT

5 days ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Jumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan rupanya cukup tinggi.

Update terakhir dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan, jumlah ibu hamil yang terpapar virus Corona mencapai tujuh orang.

“Ibu hamil terkonfirmasi positif ini angkanya agak lumayan. Kemarin ada dua. Kalau total ada sekitar tujuh yang positif,” kata juru bicara Covid-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Senin (14/9) kemarin.

Karena statusnya terkonfirmasi positif, Diskes pun harus berupaya mencarikan rujukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang bisa menyediakan ruang bagi ibu hamil tersebut.

Ini rupanya menjadi kendala. Sebab hampir semua rumah sakit dan Faskes khusus bersalin belum menyediakan kebutuhan tersebut. Untuk itu Diskes meminta agar setiap Faskes menyiapkan ruang khusus selama masa pandemi ini.

“Kami menganjurkan hal itu. Makanya hari Rabu ini kita akan melakukan zoom meeting dengan semua pelayanan khusus ibu dan anak,” ujar wanita yang akrab disapa Dio itu.

Pertemuan daring itu akan membahas langkah apa saja yang harus dilakukan setiap Faskes untuk membuat ruang khusus ibu hamil dan bayinya yang terinfeksi Covid-19.

“Jadi, semua pelaksana pelayanan persalinan setidaknya sudah harus siap melayani pasien Covid-19 yang bersalin normal. Jadi, yang normal dulu nih,” terangnya.

Ke depannya, lanjut Dio, tidak akan ada rumah sakit atau Faskes bersalin yang menolak ibu hamil yang terpapar. “Jadi tidak ada nanti yang bilang kami hanya menerima atau melayani pasien yang negatif saja,” tandasnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *