background img

IA GASAK MOTOR TEMAN

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Teman makan teman. Pribahasa ini tampaknya pantas untuk seorang pemuda berinisial IA (23), warga Jalan Akasia, RT 16, Kelurahan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara (Balut).

Bagaimana tidak, ia tega menggasak sepeda motor milik temannya sendiri bernama Sri Kurniawan (25). Padahal, Sri sudah sering meminjamkan kendaraannya tersebut kepada IA.

Kasus ini terungkap setelah korban membuat laporan ke Polsekta Balikpapan Utara. Usai mendapat laporan, petugas langsung melakukan upaya  penyelidikan dan hasilnya mengarah kepada tersangka IA. Tak butuh waktu lama, petugas pun langsung membekuk IA di rumahnya pada Senin (20/1).

“Awalnya korban lapor ke Polsek bahwa motornya hilang. Kemudian Polsek mencari informasi. Dari keterangan yang didapatkan, pencurian mengarah kepada IA, dan ternyata betul dia yang melakukan,” kata Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi saat press rilis, Selasa (21/1) sore.

Korban dan pelaku, lanjut Turmudi, saling mengenal. Mereka merupakan teman dekat di tempatnya tinggal di kawasan Muara Rapak. Saking dekatnya, Sri kerap meminjamkan motor Yamaha Mio Soul GT, bernopol KT 4297 ZI miliknya kepada IA.

“Modusnya, IA berpura-pura meminjam kendaraan. Karena sering, kemudian tersangka punya niat untuk mencurinya,” jelasnya.

Untuk melancarkan aksinya, IA lebih dulu menduplikat kunci kontak motor tersebut. Motif IA mencuri karena ia terdesak kebutuhan ekonomi. “Ya, kuncinya diduplikat. Pada saat korban lengah, baru tersangka bawa kabur. Setelah itu dijual,” ucapnya.

Dalam kasus ini, selain menangkap IA, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor KT 4297 ZI, satu STNK KT 4297 ZI, satu kunci sepeda motor duplikat, dan satu helm KYT hitam.

Atas perbuatannya, kini IA telah ditahan di sel tahanan Mapolsek Balikpapan Utara. Ia dikenakan Pasal 363 ayat (1) subsider 362 KHUP, dengan acaman penjara lebih lima tahun. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *