background img

HUJAN, HARGA IKAN JUSTRU TURUN

4 years ago written by

Balikpapan – Musim hujan belakangan ini tidak selalu berimbas negatif pada stabilitas harga kebutuhan pokok. Setidaknya itu tercermin pada penjualan hasil laut di sejumlah pasar tradisional Balikpapan. Salah satunya di Pasar Baru, Jl. Sudirman.

Panca yang berdagang ikan di Pasar Baru Selasa (4/10) mengatakan, harga ikan turun sejak lima hari lalu. Ini dikarenakan cuaca laut yang sedang bagus. Ombak yang tidak terlalu besar, dan angin yang tidak kencang sangat membantu nelayan memetik hasil laut. Dikatakannya, ikan kakap yang biasanya dijual dengan harga Rp 60 ribu hingga 70 ribu/kg, kini masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu/kg. Ikan bawal juga turun, sebelumnya Rp 60 ribu, kini dibandrol dengan harga kisaran Rp 45 ribu sampai Rp50 ribu/kg.

Dua jenis ikan lain yang sering dibeli masyarakat juga mengalami penurunan, seperti tengiri dan layang. Untuk tengiri turun dari harga Rp 70 ribu – Rp 80 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu -Rp 50 ribu/kg. Dan untuk harga layang Rp 20 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp 30 ribu/kg.

Selain ikan, udang dan cumi juga mengalami penurunan. Untuk udang terbagi dua, yaitu udang besar dengan harga Rp 60 ribu hingga Rp70 ribu/kg dari harga Rp 80 ribu-Rp 90 ribu/kg. Sedangkan untuk udang kecil berkisar antara Rp 30 ribu-Rp 40 ribu dari Rp 50 ribu-Rp60 ribu/kg. Untuk harga cumi menjadi Rp 40 ribu – Rp45 ribu/kg dari harga Rp 60 ribu-Rp70 ribu/kg. Panca mengatakan, harga ikan ini juga cepat berubah sesuai dengan kualitas kesegaran ikan yang dijual. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *