background img

HARGA SEMBAKO MASIH LABIL

3 years ago written by

Balikpapan – Terkendalinya kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Balikpapan, ternyata tidak cukup membuat tenang kalangan masyarakat. Pasalnya, jumlah stok yang dikabarkan dapat mencukupi hingga 4 bulan ke depan tidak membuat harga bahan makanan di angka stabil.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan M Saufan saat diwawancarai KPFM usai coffee morning di Auditorium Kantor Walikota mengatakan, meningkatnya harga yang terjadi pada beberapa komoditi, seperti bawang putih dan cabai, menjadi hal yang biasa terjadi saat bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut bukan karena ada permainan harga. Setelah masa itu berlalu, harga akan cenderung stabil kembali.

“Sebenarnya sih bukan permainan harga. Kalau saya lihat memang begitulah budayanya, apabila orang banyak mau membeli maka harga akan dinaikkan oleh pedagang. Jadi memang itu adalah hal yang biasa terjadi setiap Ramadhan,” katanya, Senin (29/5).

Menurut Saufan, harga kebutuhan pokok yang naik itu beberapa kurun waktu ke depan akan turun lagi. “Apalagi kan sayur itu barang yang cepat rusak, paling banter ya dua hari. Kecuali bawang putih, ayam dan telur yang kemungkinan bisa bertahan naik harganya,” paparnya.

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam menentukan harga, pihak Dinas Perdagangan akan mengontrol lagi ke lapangan. Yang jelas, sudah ada imbauan dari Dinas Perdagangan ke semua pedagang sembako untuk tidak menaikkan harga sesuai keinginan sendiri. Bahkan distributor pun sudah menandatangani pakta integritas agar tidak menimbun komoditi dan sejenisnya yang dapat mengakibatkan harga naik. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *