background img

Harga Cabai Turun Drastis

4 years ago written by

Balikpapan – Harga sayuran di pasar tradisional Kota Balikpapan terpantau stabil, kecuali untuk cabai, bayam, kangkung, dan bawang. Jenis komoditas yang disebutkan tersebut bisa berubah-ubah setiap minggu.

Meski harga beberapa jenis cabai sempat melonjak 4 hari lalu karena belum masanya panen, kini harganya mulai turun drastis. Seperti diungkapkan pedagang sayuran di pasar tradisional Pandansari H. Arham tadi pagi (24/9), harga cabai merah besar turun menjadi Rp 32 ribu/kg dari Rp 60 ribu/kg. Untuk harga cabai rawit turun 50 persen dari Rp 40 ribu/kg menjadi Rp 20 ribu/kg. Harga cabai besar hijau juga terpantau turun dari Rp 30 ribu menjadi 25 ribu. Sedangkan untuk cabai keriting lokal masih normal berkisar pada harga Rp 35 ribu/kg, dan Rp 28 ribu/kg dari luar kota. Komoditas cabai ini sebagian besar didatangkan dari Palu, Sulawesi Tengah.

Susi, pedagang sayuran yang juga berjualan di Pasar Pandansari mengatakan, tidak hanya cabai yang turun, bayam juga mengalami penurunan harga dibanding tiga hari lalu dari Rp 6 ribu/ikat menjadi Rp 3 ribu/ikat. Untuk kangkung harganya masih normal sekitar Rp 3 ribu/ikat.

Bawang putih juga masih normal di kisaran Rp 35 ribu/kg. Berbeda dengan bawang merah yang mengalami kenaikan dari Rp 43 ribu/kg menjadi Rp 45 ribu/kg. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *