background img

GRAFIK TURUN, BELUM BISA LONGGAR

4 weeks ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan menyebut jika grafik R-Naught (R0) semakin menurun. Bahkan sudah di bawah angka satu.

Hal itu disampaikan juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Andi Sri Juliarty saat menghadiri rapat dengar pendapat bersama pansus pengawasan anggaran percepatan dan penanganan Covid-19 DPRD Balikapapan, Senin (28/9).

Menurut wanita yang akrab disapa Dio itu, sejak tiga hari yang lalu grafik R0 di Kota Balikpapan sudah menurun. Jumlahnya di bawah angka satu, yakni 0,93.

“R0 kita satu dua hari ini turun hingga 0,93. Mudahan stabil selama 14 hari ke depan,” kata Dio.

R0 ini, lanjut Kepala DKK Balikpapan itu, sangat dinamis. Setiap hari bisa saja berubah-ubah. “Kalau besok kita menemukan tracking kasus saling menulari maka grafiknya bisa naik lagi. Kita harapkan angka ini stabil,” ujarnya.

Mengingat grafik sudah di bawah angka satu, maka Pemkot bisa segera mengambil kebijakan pelonggaran. Seperti pembukaan kembali bioskop dan Tempat Hiburan Malam (THM) yang selama pandemi ini ditutup.

Namun, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menegaskan jika pelonggaran itu belum bisa dilakukan. Sebab grafik R0 yang membaik baru berlangsung selama beberapa hari.

“Soal kebijakan pelonggaran nanti. Jangan sampai kita longgarkan ternyata naik lagi. Kita lihat dulu kira-kira dua minggu ke depan,” ungkap Rizal.

Grafik R0 juga berpengaruh pada lamanya penerapan jam malam atau pembatasan aktivitas di malam hari. “Termasuk jam malam. Kita tunggu grafik R0 stabil,” ucapnya.

Untuk diketahui, banyak sektor bisnis yang memang masih dalam status pengetatan dan belum boleh beroperasi. Seperti bioskop, THM, kegiatan olahraga dan lainnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *