background img

GANGGUAN SERVER PPDB DIBANTAH

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin memastikan belum ada gangguan server dalam proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang dimulai hari ini, Senin (1/7).

“Setahu saya sampai detik ini tidak ada masalah server. Kecuali yang SMK tadi pagi sempat error, tapi hanya sebentar, karena pulih kembali pukul 08.35 Wita. Kalau untuk SD dan SMP nggak ada masalah. Baik-baik saja,” kata Muhaimin saat ditemui di Kantor Wali Kota Balikpapan.

Pada kesempatan itu, Muhaimin juga mengklarifikasi ungkapan Ketua PPDB SDN 030 Balikpapan Utara (Balut), Mohamad Ramdani yang menyampaikan bahwa, terjadi gangguan untuk pendaftaran reguler di sekolahnya.

Soal ini, Muhaimin menegaskan jika tidak ada reguler pada PPDB online tahun 2019 ini. Yang ada hanyalah tiga sistem, yakni zonasi, prestasi dan perpindahan. Semua ini sama-sama dilaksanakan dari tanggal 1 Juli sampai tanggal 5 Juli nanti.

“Mana ada reguler untuk SD. Salah persepsi ini. Semua itu zonasi. Reguler yang mana. Memang reguler itu kalau dibuka ya nggak masuk, karena nggak ada di sistem,” tegasnya.

Terpisah, ditemui di sekolahnya Ketua PPDB SDN 030 Balikpapan Utara, Mohamad Ramdani mengatakan bahwa, gangguan yang terjadi pada PPDB hari pertama ini hanya untuk pendaftaran reguler. Sementara untuk zonasi masih bisa dilakukan.

“Gangguan khusus pendaftaran yang reguler saja. Di sistem nama SD-nya itu tidak muncul. Tapi yang zonasi itu langsung muncul otomatis,” ungkapnya.

Gangguan ini, lanjut Dani, terjadi di seluruh Sekolah di Balikpapan. Dan saat ini masih dilakukan komunikasi dengan pihak Operator Dinas Pendidikan persoalan waktu pemulihan sistem.

“Info dari operator memang seluruh Balikpapan terjadi gangguan. Tidak hanya SDN 030 Balikpapan Utara saja. Jadi yang online SD/SMP itu belum bisa. Gangguan sistem. Untuk waktunya belum bisa kita pastikan, masih komukasi dengan operator yang di Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan cepat,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *