background img

FUN WALK HEMAT ENERGI TARGETKAN 1800 PESERTA

4 years ago written by

Balikpapan – Fun walk dalam rangka Program Kampanye Hemat Energi Potong 10% untuk Energi Berkeadilan yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan di Lapangan Merdeka 21 Mei 2017 mendatang, menargetkan diikuti 1.800 peserta.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Ekonomi Setdakot Balikpapan Arzaedi Rahman sebagai Koordinator Pelaksana Kegiatan saat memimpin rapat koordinasi Program Kampanye Hemat Energi Potong 10% untuk Energi Berkeadilan di Aula Kantor Walikota jalan Jenderal Sudirman, Selasa (16/5).

Dalam rapat itu dia mengatakan, minimal ada 1.800 peserta turut berpartisipasi dalam gerakan hemat energi. Pesertanya sendiri dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi yang pertama dari masyarakat yang sudah dikoordinir oleh Kecamatan dan Kelurahan se-Balikpapan, dan sesi kedua peserta yang langsung mendaftar saat berada di Lapangan Merdeka pada hari pelaksanaan kegiatan. Masing-masing peserta akan mendapat goodie bag dari Kementerian ESDM yang berisi tatakan gelas, magnet kulkas, kaos dan topi yang wajib dikenakan saat fun walk.

Keberhasilan kegiatan kampanye ini, lanjut Arzaedi, akan ditentukan oleh banyaknya peserta yang ikut. Pasalnya, Balikpapan menjadi salah satu dari tiga kota besar di Indonesia selain Makassar dan Denpasar yang dipercaya Kementerian ESDM untuk menyosialisasikan gerakan hemat energi ini. “Akan berhasil dan meriah apabila peserta minimal sesuai yang kita harapkan. Camat dan Lurah menjadi penanggung jawab gerakan masyarakat untuk bisa hadir.

Semakin banyak yang hadir semakin luas sosialisasi hemat energinya dan banyak juga yang bisa menginformasikan ke lingkungan masing-masing. Sebenarnya harapan kami peserta bisa mencapai 3 ribu orang,” jelas Arzaedi. Jarak fun walk hemat energi yang harus ditempuh peserta sepanjang 4 kilometer dengan rute Lapangan 3 Merdeka, melewati Kodim dan Simpang Sentosa, Melawai kemudian kembali lagi ke titik awal. Selain fun walk, Kampanye Hemat Energi juga akan dihibur dengan artis Ibukota sebagai acara puncaknya.

Kepala Seksi Pembimbingan Teknis Disubdit Konservasi Energi Kementerian ESDM Eko Sudarwanto yang juga hadir dalan rapat koordinasi mengatakan, kegiatan ini dilakukan rutin tahunan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih berperilaku hemat dalam penggunaan listrik. Harapannya, kegiatan ini tidak hanya berhenti di kegiatan kampanye saja tetapi dapat terus tersebar ke lingkungan sekolah atau perusahaan. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *