background img

FOODTHENTIC PLAZA BALIKPAPAN MERIAH

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pembukaan event Foodthentic 2.0 garapan Plaza Balikpapan pada, Jumat (27/9) sore berlangsung meriah. Sederet ikon kuliner kekinian dan populer dihadirkan di area Bay Park. Bukan itu saja, ada pula lima brand kuliner yang sudah melegenda di Balikpapan, yaitu Sate Tanjung, Depot Miki, Kepiting Dandito, Depot Majar, dan Namin Coffee.

Menurut General Manager (GM) Plaza Balikpapan, Aries Adriyanto, event ini merupakan salah satu rangkaian event Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival 2019 (WICSF 2019) yang diprakarsai Kementerian Pariwisata Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

“Event ini diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan APPBI. Jadi hari ini untuk pembukaannya serempak di semua mall khususnya anggota APPBI. Ada sekitar 175 mall di seluruh Indonesia,” kata Aries kepada KPFM saat ditemui di sela-sela acara pembukaan.

Event ini, lanjut Aries, akan berlangsung hingga tanggal 29 September 2019. Untuk pembukaan, pengunjung dihibur  penampilan artis ibukota Randy Pandugo. Kemudian di malam penutup, ada penampilan spesial dari Doni Sibarani pukul 19.00 Wita.

“Nanti setiap hari juga akan ada hiburan dari band lokal untuk memanjakan pengunjung. Apalagi suasana santap kulinernya ini asyik dengan perpaduan keindahan taman terbuka serta beragam fasilitas yang tersedia, antara lain spot photo Instagram-able, fish pond, air mancur atraktif, dan area yang nyaman,” ujarnya.

Selain beragam kuliner, selama event berlangsung juga akan ada Pesta Pasar Tani, yang melibatkan 35 pelaku usaha Tani di Balikpapan. “Nah mereka akan menyajikan beragam buah dan sayuran lokal, olahan produk sehat, tanaman hortikultura maupun hidroponik di GF Promenade, selasar belakang Plaza Balikapapan,” ungkapnya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang menyempatkan diri hadir dalam acara pembukaan tersebut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Plaza Balikpapan yang telah menghadirkan event ini.

“Event ini sangat baik, karena memperlihatkan beberapa makanan atau kukiner kita. Kemudian sayur mayur kita serta beberapa makanan legenda di Balikpapan juga diperkenalkan. Jadi kami Pemerintah Kota sangat berterima kasih atas terselenggaranya event ini,” ucap Rizal.

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI (Menpar) Arief Yahya dalam live video conference saat opening ceremony Wonderful Indonesia Culinary dan Shopping Festival 2019 di Pluit Village, Jakarta Utara, mengatakan kegiatan ini masuk Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata.

“WICSF merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun sejak 2016. Kegiatan ini masuk Calender of Event Kementerian Pariwisata yang diselenggarakan serentak di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia,” kata Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya mengembangkan pariwisata Indonesia, salah satunya dengan terus mendorong festival-festival kuliner dan belanja.

“Kemenpar mempunyai inisiatif untuk mempopulerkan festival kuliner dan belanja di Indonesia. Ini sudah ke empat kalinya diselenggarakan,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *