background img

FKPT Sosialisasi Cegah Terorisme

4 years ago written by

Balikpapan – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) bekerjasama dengan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) mengadakan Dialog Pelibatan Da’i Dalam Program Islam Damai, untuk Pencegahan Radikal dan Terorisme di Provinsi Kaltim.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Tiga Mustika, Balikpapan, 23 Agustus 2016, mulai pukul 9.00 Wita ini diikuti 150 peserta dari perwakilan mahasiswa, guru agama, pengurus mesjid, MUI, dan unsur Da’i di kota Balikpapan. Dialog dibuka Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, Yudha Pranoto.

Ketua FKPT Kaltim Hasyim mengatakan, kegiatan ini untuk menanamkan pemahaman kepada para pemuka agama terkait bahaya terorisme, agar bisa menyampaikan kepada masyarakat luas bahaya terorisme terhadap keamanan dan kesatuan bangsa. Diharapkan masyarakat bisa bersama-sama mencegah, karena terorisme bukan hanya tugas pemerintah, namun juga tugas seluruh warga Indonesia.

Divisi Agama Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT), Prof. Dr. Syahrin Harahap mengatakan, akibat adanya radikalisme dan terorisme, agama Islam menjadi tersudutkan. Karena para kaum radikalisme agama dan terorisme selalu mengatasnamakan Islam dalam setiap tindakam teror. Oleh karena itu perlu adanya dialog dan sosialisasi kepada pemuka agama tentang hubungan Islam dan terorisme, agar nantinya para pemuka agama dapat menyampaikan ajaran yang benar tentang semangat keislamanan.

Syahrin juga mengatakan, walaupun tingkat ancaman terorisme di Kaltim masih kecil, tapi terorisme perlu diwaspadai karena mengingat banyak aset negara berada di Kaltim. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *