background img

FASILITAS BIC TERKENDALA ANGGARAN

4 years ago written by

Balikpapan – Keinginan Pemkot Balikpapan untuk melengkapi beberapa fasilitas bangunan berupa gedung serbaguna, gedung pendidikan agama, rumah imam dan rumah penjaga di sekitar area Balikpapan Islamic Center (BIC), jalan Belibis, Gunung Bahagia, terkendala anggaran.

Kepala Dinas PU (Pekerjaan Umum) Balikpapan Tara Allorante mengatakan, beberapa bangunan tersebut memang masuk dalam program pembangunan BIC. Namun apa daya, masalah anggaran lagi-lagi menjadi hambatan atas realisasi pembangunan beberapa fasilitas tersebut.

“Itu juga masuk dalam masterplan pembangunan kawasan BIC. Niatnya itu akan dilengkapi secara keseluruhan. Tapi saat ini tidak ada dananya,” kata Tara Allorante kepada KPFM, baru-baru ini.

Dia juga membeberkan, pembangunan beberapa fasilitas tersebut baru bisa terealisasi pada tahun 2019 nanti, dan hal itu tetap akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemkot Balikpapan.

“Untuk tahun 2017 dan 2018 nanti tidak ada kegiatan apa-apa lagi. Jadi selama dua tahun BIC masih tetap seperti itu. Jika nanti 2019 ada anggaran, mungkin akan ditambah,” imbuhnya.

Pembangunan fasilitas sekitar BIC tersebut, lanjut Tara, akan berlangsung secara bertahap, mengikuti kebutuhan pemanfaatan fasilitas tersebut. “Nanti dibangun bertahap. Tergantung pengelola dan berdasarkan situasi perkembangan pemanfaatan,” tuturnya

Secara keseluruhan, pembangunan beberapa fasilitas tersebut membutuhkan anggaran Rp100 miliar lebih. “Per bangunan nilainya bervariasi, ada yang Rp20 miliar, Rp30 miliar, dan lain-lain. Tapi secara keseluruhan bisa sampai Rp100 miliaran lebih,” jelas Tara.

Seperti diketahui, Pemkot Balikpapan berencana untuk menambah beberapa fasilitas bangunan berupa gedung serbaguna, gedung pendidikan agama, rumah imam dan rumah penjaga di sekitar area masjid tersebut. Hal itu diungkapkan langsung oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi saat meresmikan Masjid BIC, awal bulan Februari 2017 lalu. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *