background img

DUA KURIR SABU DITEMBAK

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Direktorat Reserse Narkoba (Dit Resnarkoba) Polda Kaltim menggagalkan kasus peredaran sabu seberat dua kilogram (Kg) di wilayah Kaltim. Barang haram itu diamankan dari pelaku bernama Harun alias Kiki (22) dan Jafar Dewata alias Fajar (22).

Keduanya diringkus di sebuah indekos kawasan Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, Minggu (1/12), sekira pukul 05.00 Wita. Di tangannya, petugas menemukan plastik berisi sabu yang disimpan di sebuah tas ransel berwarna hitam.

“Total beratnya itu 2.048 kilo. Asal barang dari Kota Tawau, Malaysia,” kata Direktur Resnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury kepada wartawan di Mapolda Kaltim, Selasa (3/12) siang.

Ia menambahkan, saat akan ditangkap Harun dan Fajar mencoba kabur dari sergapan petugas. Oleh karena itu, petugas terpaksa menghadiahi timah panas.

“Mereka berusaha melawan petugas dan melarikan diri, akhirnya kami lumpuhkan,” ujar perwira berpangkat melati tiga itu.

Pelaku, lanjut Shaury, mendapatkan sabu itu di sebuah rumah kosong di kawasan Berau. Kemudian mereka membawanya ke Samarinda. Rencananya, narkoba tersebut akan dibawa ke Sulsel untuk diedarkan di sana.

“Mereka diperintahkan oleh seseorang berinisial A dari Tawau, Malaysia. Belum ada pembayaran soal upah membawa narkoba, diiming-imingi saja,” ungkapnya.

Kini Jafar dan Harun meringkuk di Rumah Tahanan Mapolda Kaltim. Mereka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI 35/2009, tentang Narkotika. “Ancaman hukuman penjara seumur hidup,” ucap Shaury.  (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *