background img

DPRD Siap Revisi 4 Perda Yang Akan Dicabut Pusat

4 years ago written by

Balikpapan – DPRD Balikpapan siap merevisi jika empat Perda terpaksa dicabut Pusat. Perubahan atau penyesuaian pasal sudah dimasukkan dalam program pembentukan Perda tahun 2016. Namun wakil rakyat di gedung legislatif itu tetap berupaya agar Perda terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu dipertahankan. Tak serta merta saja dihapus. Pemkot dan masyarakat pun dapat mengajukan gugatan ke Kemendagri.

Wakil Komisi I DPRD Kota Balikpapan Budiono menegaskan, selama pemerintah kota belum mendapatkan tembusan atau surat salinan pembatalan Perda oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), maka Perda tersebut akan tetap dilaksanakan.

Sebagaimana diketahui, empat Perda yang akan dibatalkan yakni Perda Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, Perda Nomor 6 Tahun 2014 tentang Izin Gangguan, Perda Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pajak Restoran, dan Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perizinan Tertentu. Alasan pembatalan Perda itu menurut Mendagri menghambat investasi di Indonesia.

Budiono menyampaikan, Perda menyangkut retribusi seperti pajak hiburan yang diterapkan di Balikpapan masih berada di bawah peraturan di atasnya, yakni maksimal 60 persen. Begitupun tarif yang diberlakukan masih relatif kecil. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *